-->

Download Instrumen PMP tahun 2018 untuk SD SMP dan SMA

Download Instrumen PMP tahun 2018 untuk SD SMP dan SMA, selama tahun 2018 saja pendataan PMP sudah dirilies 2 kali yaitu PMP bersi 2018.04 dan PMP 2018.05 terbaru. PMP versi 2018.05 dirilis tanggal 2 mei 2018 kemarin dengan perbaikan dan penambahan soal lebih detal.  dengan artikel instrumen aplikasi PMP dapat membantu bapak Ibu Guru dan Ops dapat terbantu dalam pengisian ditargetkan selesai untuk semester pertama tahun pelajaran 2017/2018 selesai pada akhir bulan agustus. 
Download Instrumen PMP tahun 2018 untuk SD SMP dan SMA
Download Instrumen PMP tahun 2018 untuk SD SMP dan SMA



Siapa saja yang Mengisi Instrumen PMP 2018?

Tidak beda jauh dengan yang dulu, hanya berbeda pada bagian instrumennya, siapa saja yng terlibat dalam proses pengerjaan aplikasi PMP, berikut akan saya bahas secara lengkap.

1. Pengawas Sekolah

Sebenarnya pengawas seklah sangat berperan dalam pengerjaan aplikasi ini, karena sudah pasti instruksi pertama dari LPMP masing-masing daerah, dalam hal ini tugas pengawas hanya memverifikasi dan validasi pengerjaan intrumen yg telah diisi oleh kepala seklah dan guru.

2. Kepala Sekolah (KS)

Tugas paling penting dalam proses pengisian adalah kepala sekolah, karena kepala seklah mengontrol langsung pengentrian isian instrumen PMP, menurut pengalaman saya dalam proses pengisian OPS yg sangat berperan karena bisa jadi semua kerjaan dilimpahkan ke OPS, semoga itu hanya terjadi diseklah saya saja, tidak diseklah kawan-kawan semua.

3. Guru Kelas atau Guru Mapel

Ada ketentuan pengisian Aplikasi PMP, sebenarnya responden guru untuk pengisian instrumen PMP berjumlah 10 orang dengan ketentuan SMP, SMA, SMK minimal 1 guru permapel sedangkan SD minimal 1 orang guru tiap tingkat kelas, guru mata pelajaran Agama 1 dan PJOK 1 guru.

4. Siswa

Responden siswa yang harus diisi minimal 5 siswa tingkat SD hanya kelas 4, 5 dan 6, jadi total ada 15 siswa, sedangkan untuk SMP dan SMA diambil perkelas total 15 siswa untuk tiap sekolah.

5. Komite Sekolah

Komite seklah juga ikut berperan seperti tahun kemaren, minimal 1 perwakilan dari ketua komite dan 2 orang untuk perwakilan orang tua siswa.

6. Operator Sekolah

Program Penjamin mutu pendidikan menurut saya sangat berperan adalah operator sekolah, tugas operator sekolh tidak hanya mengentri tapi memberikan bimbingan kepada guru yang akan mengisi instrumen, jadi kalau menurut saya mirip dengan tahun kemaren kebanyakan setiap sekolah menyerahkan penuh pengisian PMP ke operator sekolah, tapi kita sebagai operator sekolh harus bersabar, mungkin lain waktu kita diberikan imbalan sesuai dengan apa kita harapkan amin.

Download Instrumen PMP tahun 2018

Berikut file unduhan yang sangat membantu dalam program penjamin mutu pendidikan, silahkan didownload sesuai dengan kebutuhan
Demikian artiekla Instrumen PMP tahun 2018 untuk SD SMP dan SMA semoga bermanfaat silahkan jangan lupa bantu share

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Download Instrumen PMP tahun 2018 untuk SD SMP dan SMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel