Kamis, 15 Maret 2018

Cara Input Nilai di Dapodik 2018

Mengisi / Input nilai Rapor dan nilai US/USBN ke dalam aplikasi dapodik 2018b merupakan tugas bersama antara operator sekolah dengan guru mata pelajaran. Operator sekolah mertugas akun guru matapelajaran, memilih mata pelajaran evaluasi dan nomor urutnya, sementara guru mata pelajaran memiliki tugas untuk mengisi nilai kedalam aplikasi dapodik, baik itu nilai rapot, US maupun USBN, guru juga bertanggungjawab secara penuh terhadap kelengkapan dan kebenaran nilai lalu kemudian melakukan penguncian data nilai yang telah di entri.

Cara Input Nilai di Dapodik 2018

Download Panduan Input Nilai Raport di Dapodik.pdf

Memasukkan Nilai Raport dan US / USBN

Seperti penjelasan di atas, bahwasannya input nilai ini tupoksinya guru mata pelajaran. Maka persilakan guru mata pelajaran untuk login ke dapodik menggunakan akun ptk masing-masing yang telah dibuat oleh operator sekolah. Setelah berhasil masuk ke dasboard ptk, maka input nilai siap dilakukan.
  1. Pilih menu nilai pada sebelah kiri menu beranda ptk, selanjutnya klik fitur raport
  2. Pilih semester yang akan di isi beserta kelas dan rombelnya maka akan tampil daftar mata pelajarannya
  3. Pilih salah satu mata pelajaran dengan mengklik 2 kali sehingga data siswa akan aktif pada kolom sebelah kanan, pada kolom inilah guru melakukan input nilai. Input nilai pada kolam yang telah disediakan lalutekan tombol simpan.

Cara Menginput Nilai Rapot Secara Bersamaan


Untuk menginput nilai secara bersamaan dan diwaktu yang sama (biar cepat selesai) maka setelah semua akun ptk sudah dibuat silakan hubungkan laptop ops yang telah terinstal dapodik 2018b pada jaringan wifi atau local area network (LAN) yang tersedia di sekolah. Hubungkan juga laptop ptk ke jaringan yang sama sebagai client.
Buatlah koneksi adhoc dari laptop/PC yang terinstall aplikasi Dapodik dan E-Raport, US/USBN. Pengisian data pada aplikasi E-Raport dapat menggunakan laptop/PC server “milik ops yang terinstal dapodik” yang terkoneksi dengan jaringan/internet. Penggunaan internet yang sama antara laptop/PC server dengan client “laptop PTK yang tidak terinstal dapodik”, sehingga dapat mengakses aplikasi dapodik tanpa harus menginstallnya. Caranya sebagai berikut;
  1. Pastikan jaringan/internet yang digunakan adalah jaringan/internet yang sama antara laptop/PC server dan client. Koneksi ini dapat menggunakan Wifi Router, maupun AP (Access Point) Router dari smartphone pengguna.
  2. Cek IP yang pada laptop/PC server melaui CMD : Klik Start - search -  lalu ketikkan CMD. Lalu akan muncul jendela terminal windows lalu ketikan “ipconfig” dan tekan Enter lalu akan muncul Windows IP Configuration cari dan catat IPv4 Address yang tertera pada jendela CMD misalnya 192.168.43.175
  3. Cara lain mengecek IP server yaitu pada network connections, sambungkan laptop ke wifi, setelah tersambung klink kanan wifi tersebut lalu open network and sharing center selanjutnya klik wifi id nya dan pilih details.
    Network Properties
  4. Ketik alamat IP (IPv4 address) yang sudah didapat pada laptop/PC server pada web browser laptop/PC client dengan menambahkan port 5774 misal 192.168.43.195:5774
  5. Silahkan login dengan akun PTK yang telah dibuat di login ops
  6. Jangan lupa untuk mematikan Firewall
Download Panduan Pengaturan Jaringan Untuk Input Nilai Secara Bersama-sama.pdf
Jika sudah terhubung pada masing-masing laptop ptk silakan masuk sebagai ptk dengan mengisi user dan password ptk masing-masing yang telah dibuat. Dengan demikian penginputan nilai ini dapat dikerjakan sesuai dengan tupoksinya dan dapat terselesaikan dengan lebih cepat.

Demikian cara input nilai raport, nilai us dan nilai usbn pada aplikasi dapodik 2018b. Operator sekolah dan guru sebaiknya bekerjasama dalam penginputan nilai ini, sehingga kerjasama ini mampu mewujudkan data yang benar, valid dan berkualitas. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon