-->

Tanya Jawab Mengenai Input Nilai Raport dan Nilai Ujian di Dapodik 2018b

Pertanyaan Terkait Input Nilai Raport, US/USBN pada Aplikasi Dapodik, akan adanya Ujian mengharuskan Ops Sekolah menginput nilai raport dari semester bawahnya. untuk mendukung perjalanan ujian nasional. dan banyak kendeala yang dihadapi oleh OPS sekolah, disini ada beberapa pertanyaan dan jawaban mengenai inpu nilai di dapodik 2018b. yuk simak bersama sama.
Tanya Jawab Mengenai Input Nilai Raport dan Nilai Ujian di Dapodik 2018b


1. Kapan batas akhir entri nilai raport, US dan USBN?

Batas akhir entri nilai di dapodik adalah tanggal Belum Ada Infonya.


2. Apa yang harus dilakukan jika mengalami kegagalan atau Link URL nya error pada saat melakukan genarate prefill raport dapodik?

Lakukan generete prefill raport dapodik pada alamat berikut ini:
Generate Prefill 1
Generate Prefill 2


3. Apa yang harus dilakukan operator sekolah jika sudah melakukan update aplikasi dapodik ke versi terbaru namun menu raport masih belum tampil, padal sudah menekan tombol CTRL+F5?

Bersihkan cache browser (chrome : Pilih tanda titik tiga pada bagian atas sebelah kanan – pilih history – pilih clear browsing data – pada menu dropdown pilih the biginning of time lalu tekan tombol clear browsing data) kemudian lanjutkan dengan menekan tombol CTRL+F5. Opsi lain yaitu dengan mengakses dapodik menggunakan browser yang lain.


4. Bagaimana cara menampilkan tahun pelajaran sebelumnya?

Lakukan entri nilai pada tahun pelajaran yang telah tersedia. Untuk tahun pelajaran yang lain/yang belum tampil update aplikasi 2018b dan bersihkan chace browser.


5. Bagaimana cara mengisi nilai raport bagi siswa yang jenis pendaftarannya Mutasi?

Lakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, agar nilai peserta didik dimaksud tetap dapat dilakukan entri di aplikasi Dapodik


6. Bagaimana cara mengisi nilai raport jika guru mapel statusnya meninggal dunia, mutasi dan atau pensiun (PTK sudah masuk tab PTK non aktif)?

Pengisian nilai dapat dilakukan oleh Wali Kelas. ini adalah fitur tambaha Dapodik 2018b


7. Bagaimana cara mengisi mapel lintas minat karena di kelas teori tidak ada atau tidak muncul?

Update dapodik 2018b. Pada mata evaluasi, pilih rombongan belajar lintas minat siswa, lalu tambahkan mata evaluasi untuk mata pelajaran yang diikuti.


8. Apa yang harus dilakukan jika saat konfigurasi (memasukkan) prefill raport ke dapodik, muncul peringatan "maaf beberapa data tidak masuk"?

Download ulang prefill raport, pastikan jaringan baik lalu registrasi kembali prefil nilai ke dapodik
Download Panduan Lengkap Input Nilai Raprot di Dapodik.pdf
Update Pembaruan Dapodik 2018b

Datangnya pembaruan dapodik 2018b ini ibarat hujan dimusim kemarau, seperti yang sudah dikeluhkan oleh rekan-rekan ops se tanah air bahwa ada banyak sekali kendala/masalah yang dialami ketika melakukan entrian nilai ke dapodik. Dengan dirilisnya pembaruan ini menunjukkan bahwa tim manajemen dapodik sangat tanggap merespon keluhan kita para pejuang data. Harapannya pembarauan ini dapat memudahkan ops dan guru dalam melaksanakan tupoksi mereka terkait penginputan nilai ke dapodik.

Demikian cara input nilai raport, nilai us dan nilai usbn pada aplikasi dapodik 2018b. Operator sekolah dan guru sebaiknya bekerjasama dalam penginputan nilai ini, sehingga kerjasama ini mampu mewujudkan data yang benar, valid dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanya Jawab Mengenai Input Nilai Raport dan Nilai Ujian di Dapodik 2018b"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel